Jumat, 08 April 2011

Penanaman

Pada artikel yang kami buat sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang bagaimana memilih bibit yang benar. Sekarang kami akan menjelaskan tentang cara penanaman yang baik dan benar. Selamat membaca :)

Langkah-langkah penanaman, antara lain sebagai berikut :
  • Mempersiapkan peletakkan media tanam yang diinginkan, misalnya langsung dilapangan atau menggunakan media pot,
Gambar 1.1 Pot yang baik untuk tanaman
  • Pemindahan benih pada media tanam jangan sampai merusak akar tanaman. Sebaiknya memindahkannya dengan tanah di media semainya dan langsung dipindahkan ke media tanam,
Gambar 1.2 Cara memindahkan benih dengan tidak merusak akar
  • Jarak tanaman harus diperhatikan supaya tanaman dapat tumbuh dengan leluasa.
Gambar 1.3 Jarak yang pas antar tanaman

Bibit yang siap tanam biasanya berumur 15-24 hari setelah persemaian. Pada 15-17 hari setelah persemaian, bibit memiliki 2 helai daun sejati dan 1 kuncup daun. Pada umur 18-21 hari, bibit telah memiliki 3-4 helai daun sejati dan 1 kuncup daun. Pada saat itu merupakan waktu yang paling ideal untuk melakukan penanaman. Adapun pada umur 22-24 hari biasanya telah tumbuh 5-6 daun sejati, masih layak untuk penanaman tetapi biasanya pertumbuhan awalnya agak terhambat.

Bibit yang terlalu tua apabila dipaksakan untuk ditanam akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman meninggi dengan batang dan daun kecil serta produksinya sangat rendah. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau pada saat udara tidak terlalu panas.

Demikianlah tips yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam Go Green :)

0 komentar:

Posting Komentar